Catatan Geourban#39 Cicalengka

Sudah satu minggu, berwara di media sosial mewartakan hujan deras melanda sebagian besar wilayah Bandung. Begitu juga dengan laman berita, prakiraan cuaca akhir bulan Mei akan disergap hujan sepanjang siang hingga sore. Berita tersebut menjadi perhatian, terutama apa saja yang perlu diantisipasi dan dimitasi jelang kegiatan di lapangan.

Seperti layaknya menduga, bisa terjadi atau sebaliknya. Walaupun pagi selepas subuh, langit masih digelayuti awan putih. Menyergap seluas mata memandang ke langit, bayang-bayang hujan akan jatuh kapan saja. Dalam balutan udara pagi, partisipan satu persatu hadir di tempat pertemuan yang telah ditentukan. Jumlah peserta yang hadir lima orang, dari latar belakang berbeda. Diantaranya pegiat wisata, pemilik biro perjalanan pariwisata, profesional, pemandu wisata bumi hingga pegiat budaya.

Geourban ke-29 dilaksanakan pada hari minggu, 25 Mei 2025. Kunjungan melihat kembali linimasa sejarah abad ke-8, hadirnya kerajaan Sunda di sebelah timur Cekungan Bandung. Kemudian menapaki kembali lahirnya kesetaraan perempuan, melalui Sakola Istri Dewi Sartika di Cicalengka. Dilanjutkan mengupas perkembangan perkebunan teh Onderneming Sindangwangi, ditandai dengan sisa Theefabriek di Sindulang. Kegiatan ditutup dengan menikmati mata air di lereng sebelah selatan, G. Kerenceng-Kareumbi.

Seperti kegiatan Geourban sebelumnya, partisipan disarankan menggunakan roda dua atau motor.Jenis transportasi ini mudah dan murah dalam operasional, dan sudah dimiliki peserta. Sehingga mendukung pergerakan, dan daya jangkau ke lokasi yang akan dikunjungi. Total jarak yang ditempuh dalam kegiatan ini, sekitar 27 Kilometer dengan durasi tidak lebih dari 1 jam perjalanan. Dimulai dari titik pemberangkatan di Cileunyi, kemudian mengambil jalur jalan raya Rancaekek-Cicalengka. Jalan utama yang menghubungkan Bandung ke arah timur.

Mengawali kegiatan, Deni Sugandi menyampaikan rencana kegiatan. Menguraikan tujuan kunjungan, mulai dari Candi Bojongmenje kemudian bergerak ke arah timur Cicalengka. Diakhiri kunjungan ke Sindulang. Kegiatan dilakukan menggunakan roda dua, secar berkonvoi. Untuk menjaga keselamatan perjalanan, dipastikan sistem pengaturan pergerakan dan titik koordinat yang dibagikan sebelum berangkat. Sehingga partisipan yang tertinggal dalam perjalanan, bisa memantau titik pertemuan selanjutnya.

Candi Bojongmenje

Jalanan tidak terlalu ramai, karena waktu masih pagi dan jatuh di hari minggu. Lenggang tidak seperti pada jam-jam sibuk. Mengingat jalan raya Rancaekek adalah penghubung dari barat ke timur, dari Bandung ke kota Garut atau Tasikmalaya. Jelang pukul 08.00 WIB, partisipan tiba di halaman pabrik, sekitar Sukadana di tepi jalan Rancaekek. Ruas halaman gerbang cukup luas, sehingga untuk sementara dimanfaatkan menjadi sarana parkir partisipan.

Dilanjutkan berjalan kaki menyusuri jalan raya Rancaekek, kemudian berbelok ke gang sempit. Tidak ada papan informasi petunjuk menuju lokasi, hanya papan keterangan nama situs di batas sungai. Hunian warga yang berhimpitan dengan batas areal pabrik, dicirikan dengan tembok tinggi sekitar 3 meter. Didapati jembatan sebatas orang berjalan kaki, melintasi Ci Mande. Anak sungai Ci Tarik, bagian dari Daerh Aliran Sungai Ci Tarum. Dilaporkan oleh warga, sungai ini beberapa kali meluap menggenangi Desa Cangkuang. Kondisi demikian menandakan lebar sungai menyempit, akibat hunian yang menempati bantaran. Selepas jembatan, kemudian menyusuri gang yang dipagari oleh dinding pabrik. Mengarahkan ke situs Candi Bojongmenje. Dari peta lama lembar Linggar, penerbit Topographisch Inrichting, Batavia 1908. Memberikan gambaran posisi keberadaan candi berupa lingkaran, tanpa ada keterangan lain. Keberadaan situs tersebut berada di tepi sungai. Sedangkan pada kondisi saat ini, berjarak sekitar 100 meter. Dengan demikian diperkirakan terjadi pembelokan arah sungai, sehingga posisinya bergeser ke arah utara. Dalam beberapa keterangan arkeologi, sungai berperan penting dalam penempatan candi. Fungsi candi sebagai pemujaan dewa, bisa juga digunakan sebagai tempat untuk mengenai raja atau penguasa. Ditempatkan mendekati sungai, mencirikan sebagai acuan dalam pembangunan candi, karena air dianggap suci dalam penting dalam kehidupan agama Hindu-Budha saat itu.

Kembali ke lembar peta lama, memperlihatkan adanya jalur setapak menuju situs, disebut Cipareuag. Keberadaan situs tersebut berada dalam lingkar dalam Ci Mande, digambarkan melalui garis pengaliran sungai yang mengalir dari timur ke barat.

Dalam keterangan penelitian Anas Anwar Nasirin, dari Program Studi Sejarah Unpad (2021).  Keberadaan candi ini diketahui sejak abad ke-8 Masehi terkait erat dengan keruntuhan Kerajaan Tarumanegara dan berdirinya Kerajaan Sunda. Candi Bojongmenje berada pada lintasan sejarah keberadaan kerajaan Sunda awal. Sejak pasca runtuhnya Kerajaan Tarumanegara pada abad ke-7 Masehi dan berdirinya Kerajaan Sunda Abad ke-10 Masehi. Keterangan lain disampaikan Djubianto (2002), mendukung pendapat Anas, sedangkan Haryono (2002), menyatakan perkiraan keberadaan peradaban Bojongmenje sekitar abad ke-5 hingga ke-6. Sedangkan dari keterangan hasil radiocarbon yang dipublikasi oleh Balai Arkeologi Bandung, berada di abad ke-8 Masehi.

Candi Bojongmenje berada di Kampung Bojongmenje, Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Berada di elevasi 698 meter dpl., merupakan titik rendah di wilayah Cekungan Bandung. Luas wilayahnya 843 meter persegi, dikelilingi oleh tembok beton milik pabrik. Kemudian sebagian lagi berada di dalam kawasan pabrik.

Keberadaan candi bercorak Hindu-Budha ini, mulai dipublikasi tahun 2002. Pada saat ditemukan, berada di lahan kuburan. Penemuan candi tersebut sudah sejak lama diketahui warga, namun belum dalam bentuk struktur. Menurut keterangan warga, ditemukan beberapa bentuk arca sebesar bayi. Sehingga masyarakat menyebutnya dengan candi orok (bayi). Beberapa tahun kemudian, dilakukan tindakan ekskavasi oleh Balar Arkeologi Bandung pada 2003. Sebagai wujud turunan aturan berupa Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010, Tentang Cagar Budaya.

Bentuk temuan yang dikerjakan, hanya menemukan bagian pondasi hingga bagian kaki. Sedangkan bagian atasnya tidak diketahui, diperkirakan telah hilang atau belum ditemukan. Candi sisi barat berukuran 7.04 meter, dan sisi selatan nya 6.94 meter. Sedangkan sisi timur tidak dapat diukur, karena batuan penyusun candi tidak diketahui.

Menurut penelitian Balar Bandung, material candi disusun dari batuan tuff atau gunungapi yang telah membatu dan andesit (lava). Sumbernya belum diketahui, tetapi bila merujuk dari batuan penyusunnya berasal dari materi hasil letusan gunugapi. Keberadaan bahan tersebut, sangat memungkinkan karena bahan hasil endapan gunugapi melimpah. Di sebelah utaranya didapati G. Geulis-Jarian, merupakan sisa gunungapi purba. Jaraknya sekitar 4,6 km dari pusat letusan ke areal candi. Produk letusannya adalah aliran lava dan piroklastik, besar kemungkinan material atau bahan penyusun candi diambil dari gunungapi purba ini.

Cicalengka

Perjalanan selanjutnya ke arah timur, menuju Cicalengka. Kota kecamatan, yang bernaung di wilayah Kabupaten Bandung, berada di batas timur Cekungan Bandung. Menapaki jalan raya provinsi, kemudian berbelok ke arah selatan menuju pusat kota. Di sebelah selatannya ditemui stasiun Cicalengka. Merupakan stasiun kereta api kelas I, berada di Cikuya, sebelah barat dari pusat kota Cicalengka.

Saat ini merupakan batas jalur kereta api rel ganda Bandung Raya, sebelum memasuki kawasan Leles, Garut. Pada masa kolonial, rintisan pembangunan jalur ini telah lama diusahakan. Dilakukan oleh perusahaan swasta Staatsspoorwegen disingkat SS. Hingga pada 10 September 1884, dibuka secara resmi. Saat itu merupakan stasiun terminus, atau stasiun diujung jalur kereta api yang menjadi titik akhir perjalanan. Beberapa tahun kemudian, diusahakan pembukaan jalan ke arah timur. Menghubungkan dari Cicalengka ke kota Garut. Dibutuhkan waktu kurang lebih dua tahun, untuk menembus batuan keras sekitar Leles. Menyebabkan pembuatan jalur lintasan kereta apinya harus berkelok-kelok, menunggangi kontur perbukitan. Agar jalur yang dilaluinya landai, sehingga bisa dilalui secara aman oleh lokomotif.

Saat ini bangunannya telah disulap bergaya modern, namun di sisi sebelah baratnya masih bisa disaksikan fasad awal dari stasiun. Walaupun sebagian besar materialnya telah diganti, namun masih mempertahankan bentuk seperti awal berdiri. Dari stasiun Cicalengka, kemudian bergeser ke alun-alun Cicalengka, menuju tempat tinggal Dewi Sartika saat remaja.

Lokasi yang dituju adalah SMP 1 Cicalengka, berada di sebelah selatan alun-alun. Agar leluasa bergerak, rombongan memarkir kendaraan di lapangan parkir pasar. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki, menembus jajaran pedagang yang memadati sekitar alun-alun Cicalengka. Pasar melimpah hingga badan jalan, karena jatuh di hari minggu. Pemandangan yang biasa terlihat di jantung kota Cicalengka, menandakan hari libur khususnya minggu merupakan hari bebas berjualan. Sebagian besar warga memanfaatkan untuk berolahraga, memadati pusat kota.

Persis di sebelah pasar alun-alun Cicalengka, berdiri bangunan bertingkat dua.adalah gedung Sekolah Menengah Pertama 1 Cicalengka. Berada di sebelah selatan alun-alun Cicalengka, di jalan Dipati Ukur Nomor 34. Didapati dua bangunan baru, mengapit bangunan lama. Di Bagian barat ditempati lapangan olah raga bola basket, dan lapangan yang biasanya digunakan untuk kegiatan upacara bendera.

Bangunan lama menempati bagian tengah kompleks sekolahan, dicirikan dengan gaya arsitektur kolonial. Bagian depannya berupa pintu utama yang diapit oleh jendela berukuran besar. Bentuk bangunannya berbentuk bujur sangkar, memanjang utara-selatan. Bagian sampingnya berjajar daun jendela berukuran besar, dan bagian pondasinya hingga satu meter dihiasi batu andesit. Ciri fasad khas bangunan kolonial yang belum mengenal teknik pengecoran beton dan tulangan besi. Dengan demikian ketebalan dinding sekitar 30 sentimeter lebih. Agar bangunan kokoh dan mampu menopang atap genting.

Bangunan gaya arsitektur kolonial ini menjadi rumah singgah Raden Ajeng Dewi Sartika. Rumah yang kelak membawa pencerahan bagi kaum perempuan Sunda pada masa kolonial. Dewi Sartika pada saat itu berusia sepuluh tahun, dititipkan kepada pamannya seorang Patih Cicalengka.

Dewi Sartika tumbuh dan besar di rumah tersebut, selama delapan tahun. Antara 1894 hingga 1902 pada usianya 18 tahun. Selama periode tersebut, membentuk cara berpikirnya, hingga mampu memiliki pandangan moderat. Sehingga pada tahun-tahun berikutnya, Dewi Sartika memutuskan untuk kembali ke Bandung. Pada tahun 1904 mendirikan sekolah pertama untuk kaum perempuan, disebut Kautamaan Istri menempati ruangan belakang pendopo Kabupaten Bandung.

Di Sebelah utara alun-alun Cicalengka, didapati rumah tinggal dengan gaya arsitektur kolonial. Masyarakat menyebutnya rumah Destik, atau Dewi Sartika. Rumah dengan halaman luas, masih mempertahankan bentuk awal. Namun beberapa pendapat menyatakan bahwa rumah ini bukan tempat tinggal Dewi Sartika.

Dari rumah ini ke arah timur, didapati patung dada Dewi Sartika. Patung yang diperkirakan dibangun oleh pemerintah daerah, untuk mengenang keberadaan  Dewi Sartika di Cicalengka. Terletak di persimpangan Jalan Kaca-Kaca, dan Dewi Sartika. Disebut Monumen Raden Dewi Sartika, satu-satunya tinggalan fisik yang menegaskan keberadaan tokoh pergerakan perempuan pernah ada di Cicalengka.

Dilanjutkan kembali ke alun-alun, kemudian berbelok ke arah selatan. Menyusuri Jalan Pasar, melewati Kantor Polsek Cicalengka. Kemudian setelah tiba di samping SDN Cicalengka 5, didapati lahan kosong. Keberadaanya tertutup oleh warung dan pos ronda warga. Tetapi bila dilihat secara teliti, terlihat pondasi yang memiliki susunan batuan. Bentuk khas pondasi struktur bangunan, dengan memanfaatkan batu andesit sebagai penguat bangunan.

Merupakan sisa dari struktur bangunan gereja St. Antonius. Gereja Katolik yang pernah didirikan untuk melayani umat katolik di Cicalengka. Diresmikan penggunaanya ada 13 Juni 1931, dibuka dan diberkati oleh Pastor van Asseldonk. Keberadaan gereja Katolik ini hilang dari catatan sejarah, seiring dibongkar. Menyisakan tanah kosong, dan struktur tiang bangunan saja yang bisa dilihat hari ini.

Dari Cicalengka kemudian dilanjutkan menuju Dampit, melihat kembali pabrik teh pada masa kolonial. Merupakan bagian dari Onderneming Sindang Wangi, mengupayakan perkebunan teh dan karet pada 1900-an. Bangunannya kini telah hilang, ditempati SD Dampit 2, di Desa Tanjungwangi, Cicalengka, Kabupaten Bandung. Kegiatan penutup berakhir di Saripati Ecofarm. Wisata berbasis peternakan dan pertanian yang berada di lereng selatan G. Kerenceng-Kareumbi. Di lokasi ini mengunjungi Kampung Awi Baraja, Tegalmanggung, Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Berupa kepercayaan masyarakat terhadap pelestarian bambu.

Di depan Statsiun Cicalengka
Di depan monumen Dewi Sartika, Cicalengka
Sisa pondasi gerjeja St. Antonius di Cicalengka
Rel kereta api buatan Carnegie, didatangkan dari Amerika
Di depan SD Dampit 2, sisa bangunan pabrik teh Sindangwangi
Diperkirakan bagia belakang rumah Patih Cicalengka, awal 1900-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *